Rangkuman Materi Internet Gateway(NAT)

Merangkum materi:Internet Gateway(NAT) baik pengertian,prinsip kerja,dan cara kerja,jenis-jenisnya,dan fungsi dari internet gateway(NAT).

Nama: Sugesti
Kelas: XI TKJ1
No absen:29
Mapel: AI.JARINGAN.

Pengertian NAT
   NAT(Network Address Translation)adalah sebuah system yang digunakan untuk menggabu gkan lebih dari satu busah computer untuk dihubungkan kedalam sebuah jaringan internet dengan hanya menggunakan alamat Ip.oleh sebab itu,setiap computer yang ada dalam NAT saat berselancar si internet akan memiliki sebuah alamat Ip yang sama apabila dilacak.
     Sebuah alamat Ip pada jaringan local akan ditranslasikan oleh NAT terlebih dahulu untuk bisa mengakses Ip public didalam jaringan computer.sebelum melakukan instalasi inu,maka para pengguna tudak bisa terhubung internet.
    Banyak orang yang memiliki pendapat bahwa NAT itu mirip seperti proxy server,yang membedakan adalah pada pryoxy server menyediakan mekanisme caching,tidak seperti NAT.sehingga dengan menggunakan NAT,kita bisa mengakses halaman we sebanyak mungkin tanpa ada batasan jumlah web yang bisa kita akses.


JENIS-JENIS NAT :
(1.)NAT Statis
     Jenis NAT ini bekerja dengan cara menerjemahkan semua alamat Ip yang terjadinya belum terdaftar menjadi alamat Ip yang sudah terdaftar.NAT jenis ini banyak digunkan untuk computer yang ingin akses melalui luar.
    NAT statis bisa dibilang pemborosan dalam penggunaan alamat Ip yang sudah didaftarkan,karena pada setiap computer dipetakan utuk salah satu alamat Ip yang terdaftar,sehingga apabila semakin banyak computer yang didaftarkan maka semakin sedikit alamat Ip yang masih bisa digunakan.NAT statis juga memiliki kekurangan lain yaitu,keamanannya yang kurang dibandingkan dengan NAT dinamis.

(2.)NAT Dinamis
      Jenis NAT ini bekerja dengan cara mendaftarkan beberapa computer ke dalam satu buah kelompok alamat Ip yang terdaftar yang sama.oleh kerena itu,nantinya akan ada beberapa computer yang memiliki alamat yanga sama dengan computer lain yang terdaftar.NAT dinamis memiliki keuntungan yitu saat  berselancar diinternet kita akan lebih aman.

(3.)Overloading NAT
      NAT jenis ini memungkinkan sebuah client untuk terhubung ke sebuah alamat Ip public,tapi pada porot yang berbeda dan berlainan.oleh karena itu saat NAT ini menerima sebuah permintaan dari client supaya dihubungkan keserver,NAT tersebut akan menentukan port dan nomor Ip client tersebut.
   Keuntungan NAT ini adalah meakipun sebuah alamat Ip sudah dipakai,namun masih tetap bisa digunakan oleh computer atau client lain karena memiliki beberapa port yang berbeda.

(4.)Overlapping NAT
       NAT jenis ini dapat menerjemahkan dengan melalui dua arah,terutama ada nomer yang sama antara alamat Ip local dan alamat Ip public.supaya tidak terjadi konflik pada jaringan ,maka NAT akan menggubah alamat Ip public menjadi alamat Ip yang tidak ada jaringan local.

FUNGSI NAT :
*Menghemat penggunaan alamat Ip legal yang sudah disediakan oleh ISP.
*Meminimkan adanya penggunan atau duplikasi alamat Ip dalam sebuah jaringan.
*Menghindari prosespengalamatan yang dilakukan kembali saat terjadi perubahan jaringan.
*Memudahkan untuk terhubung kedalam jaringan internet.
*Meningkatkan keamanan terhadap sebuah jaringan.

CARA KERJA NAT :
1.  NAT akan menerima sebuah permintaan terlebih dahulu dari client yang berupa paket data,paket data tersebut ditunjukkan untuk server di internet.
2.Setelah itu NAT akan mencatat alamat Ip dari client kemudian menyimpannya didalam sebuah table translasi alamat.kemudian setelah itu,alamat Ip client ini dirubah menjadi alamat Ip NAT,kemudian NAT akan menggirimkan sebuah permintaan terhadap server.
3.Setelah permintaan tersebut sampai kepada server,server akan merespon permintaan tersebut.Dari sudut pandang server yang menerima respon,yang terlihat adalah alamat Ip NAT,bukan alamat Ip dari client.
4.Setelah mengirim permintaan,permintaan tersebut dibalas oleh server dan dikirim ke NAT.kemudian NAT akan melanjutkan menggirimkan ke alalamat client.
5.Keempat proses tersebut dilakukan secara berulang kali,sehingga meskipun client tetap bisa mengakses internet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat-alat fiber optic dan fungsinya dan Cara menyambung fiber optic

TUGAS:TJBL WAN