Konfigurasi mikrotik sebagai roter gateway internet

Tugas merangkum konfigurasi mikrotik sebagai router gateway internet.

Nama: Sugesti
Kelas: XI TKJ1
No absen:29
Tugas: AI.JARINGAN

 Langkah-langkah melakukan konfigurasi pada sistem operasi mikrotik:
(1.)Buka winbox koneksikan dengan perangkat router.
(2.)Pada routerOS pilih menu Ip-> Address Tambahkan alamat Ip dengan cara mengklik tombol plus(+)berwarna biru,selanjutnya masukkan alamat Ip misal diberikan alamat Ip 172.10.70.19/24
Klik Apply kemudian ok.
(3.)Setting DNS pada menu Ip->DNS pada setting DNS ini berbeda dengan mengisi Ip address,karena kita akan mengisikan alamat pada bagian server.Misal pada server beralamat 172.10.70.1.jangan lupa centang Allow Remotests,agar client dapat terakses dengan alamat DNS dari router kita.klik Apply kemudian ok.
(4.)Selanjutnya konfigurasi gateway,pilih menu Ip->Routes tambahkan router baru dengan tombol plus(+)yang berwarna biru. Untuk setting ini pada address biarkan kosong,cukup mengisikan pada kolom gateway saja,klik Apply kemudian ok.

Cara ping ke Gateway

  Untuk memastikan apakah setting yang kita buat tadi dapat terkoneksi atau tidak maka kita akan melakukan pengecekan.Dengan cara melakukan ping pada Google.sebelumnya koneksikan terlebih dahulu ke internet.ketikkan ping google.com pada terminal yang ada pada menu.

Agar client dapat terkoneksi ke internet:
(1.)Buka menu Ip->Address kemudian tambahkan alamat Ip untuk client Misal kita tambahkan alamat Ip 172.158.1.1/24 jangan lupa pada kolom interface pilih wlan1.klik Apply kemudian ok.
(2.)Setting Ip firewall NAT klik kanan pada wireless kemudian pilih enable kemudian double klik pada type.untuk SSD adalah wireless dari router yang akan kita pancarkan atau yang akan muncul diclient.Misal nama di bawah menggunakan "nama alamat".klik Apply dan ok.
(3.)Setting Ip DHCP pilih menu Ip-> DHCP setup klik next-selesai.
(4.)Setting security profile langsung saja klik Apply dan ok.
(5.)Langkah terakhir adalah mengkoneksikan perangkat wireless dengan device lain.Hidupkan Wi-Fi pada perangkat tersebut,kemudian cari "nama alamat"karena wireless ini menggunakan nama tersebut.koneksikan.

Selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

alat-alat fiber optic dan fungsinya dan Cara menyambung fiber optic

Rangkuman Materi Internet Gateway(NAT)

TUGAS:TJBL WAN