MODULASI DIGITAL (Tugas TJBL WAN)

   PENGERTIAN MODULASI DIGITAL

Hasil gambar untuk gambar modulasi digital

Modulasi Digital adalah sebuah proses penumpangan sinyal digital ke dalam sinyal carrierModulasi digital sebetulnya adalah proses mengubah karakteristik dan sifat dari gelombang pembawa atau carrier sedemikian rupa sehingga bentuk hasilnya berbentuk bit-bit (0 atau 1) yang dikandungnya. Berarti dengan mengamati modulated carrier-nya, kita bisa mengetahui urutan bitnya disertai clock. Melalui sebuah proses modulasi digital sinyal-sinyal digital setiap tingkatan dapat dikirim ke suatu penerima dengan baik. Untuk pengiriman ini dapat digunakan media transmisi fisik seperti logam atau optik atau non fisik seperti gelombang-gelombang radio.


PEMBAGIAN JENIS-JENIS MODULASI DIGITAL:

1. AMPLITUDE SHIFT KEYING (ASK)

Amplitude Shift Keying atau sebuah pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitudo, merupakan suatu metode modulasi dengan cara mengubah-ubah amplitudonya. Dalam proses modulasi ini kemunculan frekuensi gelombang pembawa tergantung pada ada atau tidaknya suatu sinyal informasi digital.


Hasil gambar untuk gambar  sinyal ask

2. Cara kerja ASK:
Pada teknik modulasi ASK data digital yang ditumpangkan
direpresentasikan dengan cara mengubah-ubah amplitudo gelombang
pembawa. Sinyal ASK mentransmisikan data biner ketika data modulasi ON
adalah logika high dan OFF ketika modulasi sinyal adalah logika low. Sering
juga disebut dengan modulasi On-Off Keying (OOK). Berikut adalah gambar
blok diagram modulator ASK :


2. FREQUENCY SHIFT KEYING (FSK)
requency shift keying atau pengiriman suatu sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metode ini adalah suatu bentuk modulasi yang memungkingkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Pergeseran ini terjadi di antara harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output yang tidak mempunyai sebuah fase terputus-putus. Dalam proses modulasi ini besarnya sebuah frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidaknya sinyal informasi digital.Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Pergeseran ini terjadi antara harga-harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output ang tidak mempunyai fasa terputus-putus. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital.
Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Pergeseran ini terjadi antara harga-harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output ang tidak mempunyai fasa terputus-putus. Dalam proses modulasi ini besarnya frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan ada atau tidak adanya sinyal informasi digital.

Read more at: http://elektronika-dasar.web.id/pengertian-dan-jenis-jenis-modulasi-digital/
Copyright © Elektronika Dasar
Hasil gambar untuk gambar sinyal fsk

 2. Cara kerja FSK
    
   Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. Pergeseran ini terjadi antara harga-harga yang telah ditentukan semula dengan gelombang output yang tidak mempunyai fase terputus-putus. 
Hasil gambar untuk gambar  sinyal psk
3.PENGERTIAN PSK
Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal digital melalui pergeseran fasa. Metode ini merupakan suatu bentuk modulasi fasa yang memungkinkan fungsi pemodulasi fasa gelombang termodulasi di antara nilainilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam proses modulasi ini fasa dari frekuensi gelombang pembawa berubah-ubah sesuai dengan perubahan status sinyal informasi digital. Sudut fasa harus mempunyai acuan kepada pemancar dan penerima guna memudahkan untuk memperoleh stabilitas.
MODULASI PHASE SHIFT KEYING (PSK)

2. Cara kerja PSK:
  Pengiriman sinyal melalui pergerasan fasa atau fase. dan dimisalkan 0 derajat keatas adalah 1 dan 180 derajat ke bawah adalah 0.




    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    alat-alat fiber optic dan fungsinya dan Cara menyambung fiber optic

    Rangkuman Materi Internet Gateway(NAT)

    TUGAS:TJBL WAN